Rabu, 02 Maret 2011

Ternyata Gravitasi Ada Dalam Al-Qur'an!



Gravitasi. Ya, sebuah hukum alam yang ditemukan oleh Sir Isaac Newton secara tidak sengaja, ketika ia sedang duduk, lalu tiba-tiba sebuah apel jatuh ke bawah dan mengenai kepalanya. Kemudian, diapun menarik kesimpulan bahwa ada 'sesuatu' yang menarik benda ke bawah, yang di kemudian hari dinamakan "Gaya Gravitasi".

Yang mau saya bahas di sini bukanlah sejarah gravitasi, rumus-rumusnya, atau apalah. Melainkan, saya akan menunjukkan sebuah ayat yang secara tersirat membahas tentang gravitasi ini. Yang menarik di sini adalah, Newton 'baru' menemukan gravitasi ini sekitar abad ke-17 Masehi. Sedangkan, Al-Qur'an sudah menerangkan hal ini kurang lebih 1000 tahun sebelumnya!

Baiklah, kita masuk ke pembahasannya. Allah berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa apabila dikatakan kepada kamu, "Berangkatlah (untuk berperang) di jalan Allah," kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu?..." (QS. At-Taubah: 38)
Apabila kita perhatikan, di situ terdapat lafadz tsaaqaltum ilal ardh, yang artinya kurang lebih seperti ini: "Kamu berat ke bumi". Ini menandakan, bahwa sebenarnya ada 'sesuatu' yang membuat kita berat atau tertahan di bumi. 'Sesuatu' inilah yang dinamakan gravitasi itu. Subhanallah... Sekali lagi Al-Qur'an menunjukkan keajaibannya pada kita. Maha Benar Allah Atas Segala Firman-Nya...

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar